Salam dari IbuMamah yg Punya Dapur Sulawesi 16

My photo
Soroako, Sulawesi Selatan, Indonesia
Salam kenal buat semua... Saya ibu dari 3 anak (2 putri & 1 putra). Ceritanya lagi nyoba2 bikin blog nih... Mudah2an kali ini berhasil. Oiya berhubung kami sekeluarga tinggal di Desa Soroako - Sulawesi Selatan, and jauh dari keramaian kota berserta Mall2 and aneka jajanan yg bervariatif. Jadi mau nggak mau saya sebagai ibu rumah tangga harus pintar2 bikin cemilan buat keluarga tercinta. Jadi yang tadinya samasekali tidak pernah kenal yang namanya oven or teman2 di dapur, jadi harus terbiasa deh. Alhamdulillah satu persatu jenis macam kue-kue, dari cake Ulang Tahun, kue basah (Tradisional), sampai kue yg lagi (masih) populer berhasil aku taklukkan (ciiieee...) Dan syukur alhamdulillah-nya lagi jadi bisa and sedikit PD untuk terima pesanan meski masih terima pesanan dalam jumlah yg sedikit. Namanya juga masih belajar and masih harus banyak belajar lagi... Silahkan bagi teman-teman yang berkenan untuk mengintip sebentar ke Dapur Sulawesi 16 (Dapurnya IbuMamah)

Thursday, August 12, 2010

Kue SERABI saos Kinca Santan


Menu berbuka di hari kedua Ramadhan tahun ini salah satunya Kue Serabi yang disiram dengan campuran santan & kinca (gula merah cair).


Cara bikin kue Serabi ini sangat gampang loh apalagi bahan2nya nggak terlalu sulit kok didapat. Snack traditional ini lumayan sering aku bikin untuk cemilan di sore hari..

Di bawah ini Resep tsb yaaa...

1 butir Telur Ayam
50 gr Gula Pasir
75 gr Terigu Protein sedang (Segitiga Biru)
Secuil Garam halus
1/2 sdt Ragi instant
120 ml Santan Kental (aku biasanya pake Santan Kara 100ml yg dilarutin air 20ml)
1/4 sdt Essens Vanili
1 sdm Butter dicairkan
Pasta Pandan secukupnya.

Cara :
- Campur terigu, garam, ragi aduk rata. Sisihkan
- Kocok telur dan gula menggunakan whisk, hingga gula larut.
- Masukkan campuran terigu kedalam adonan telur, lalu kocok hingga tercampur rata.
- Masukkan 50 ml Santan & essens vanila kedalam adonan, aduk rata. Sisihkan
- Campur sisa santan dengan butter cair, lalu aduk rata.
- Masukkan sisa santan yg sudah dicampur dengan butter cair kedalam adonan, lalu aduk2 hingga semua tercampur rata. Tutup wadah dengan plastic wrap dan biarkan slama 1 jam.
- Panaskan cetakan Serabi/Carabikang, olesi tipis saja dengan mentega atau sepotong daging kelapa.
- Sambil menunggu cetakan panas. Bagi dua adonan lalu salah satu adonan diberi pasta Pandan atau perasa lainnya. Aduk2 sebentar hingga rata.
- Tuang adonan kedalam cetakan mengunakan api kecil. Tunggu sebentar hingga adonan keliatan bolong2 lalu tutup cetakan dan biarkan matang sempurna.
- Siram kue SERABI dengan saos santan dan gula merah.

Bahan Saos Santan dan Kinca (gula merah)
200 ml santan kara
Gula merah secukupnya
2 lbr Daun Pandan
Secubit Garam halus

Cara :
Masak Santan, gula merah, daun pandan dan garam dengan api sedang hingga gula larut. Sajikan dengan Kue Serabi yg sudah matang.

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails