Salam dari IbuMamah yg Punya Dapur Sulawesi 16

My photo
Soroako, Sulawesi Selatan, Indonesia
Salam kenal buat semua... Saya ibu dari 3 anak (2 putri & 1 putra). Ceritanya lagi nyoba2 bikin blog nih... Mudah2an kali ini berhasil. Oiya berhubung kami sekeluarga tinggal di Desa Soroako - Sulawesi Selatan, and jauh dari keramaian kota berserta Mall2 and aneka jajanan yg bervariatif. Jadi mau nggak mau saya sebagai ibu rumah tangga harus pintar2 bikin cemilan buat keluarga tercinta. Jadi yang tadinya samasekali tidak pernah kenal yang namanya oven or teman2 di dapur, jadi harus terbiasa deh. Alhamdulillah satu persatu jenis macam kue-kue, dari cake Ulang Tahun, kue basah (Tradisional), sampai kue yg lagi (masih) populer berhasil aku taklukkan (ciiieee...) Dan syukur alhamdulillah-nya lagi jadi bisa and sedikit PD untuk terima pesanan meski masih terima pesanan dalam jumlah yg sedikit. Namanya juga masih belajar and masih harus banyak belajar lagi... Silahkan bagi teman-teman yang berkenan untuk mengintip sebentar ke Dapur Sulawesi 16 (Dapurnya IbuMamah)

Friday, August 6, 2010

Bolu Gulung Buah motif Batik




BAHAN A.
10 Kuning Telur
100 gr Gula Pasir

BAHAN B. (Ayak)
80 gr Terigu protein sedang
20 gr Susu Bubuk
10 gr Maizena

BAHAN C. (Lelehkan)
100 gr Blueband
25 gr Butter

1/2 sdt pasta Mocca / Coklat

BAHAN CREAM Filling
200 gr Whippy Bubuk
400 ml Susu Ultra cair Dingin
100 gr CreamCheese
Buah Kaleng secukupnya

CARA:

- Lelehkan Bahan C sisihkan
- Kocok Bahan A hingga kental berjejak, Jambul Petruk. Matikan mixer.
- Masukkan ayakan Bahan B lalu aduk hingga rata.
- Masukkan Bahan C lalu aduk balik seperti melipat kertas hingga rata.
- Ambil 50 gr adonan lalu tambahkan pasta, dan masukkan kedalam kantong segitiga.
- Tuang kedalam loyang 29x24x4 cm yg sudah diolesi mentega dan dialasi kertas Roti. Lalu tuang adonan coklat membentuk garis-garis dan tarik berselang-seling menggunakan tusuk gigi hingga membentuk motif batik.
- Oven dengan 180 derajat selama kurang lebih 15 s/d 20 menit hingga matang.
- Keluarkan dari loyang ke atas rak pendingin dengan posisi permukaan cake berada di bawah, lalu buka kerta rotinya. Biarkan agak sedikit hangat.
- Pindahkan BG dengan posisi tetap sama (permukaan bg ada di bawah) ke atas kertas Roti or Serbet bersih. Lalu olesi BG dengan kocokan cream lalu tata buah kaleng hanya disatu sisi.
- Gulung BG menggunakan kain Serbet/kertas Roti bersih sambil dipadatkan. Biarkan BG tetap terbalut dan diamkan sebentar didalam kulkas dan Bolu Gulung siap dihidangkan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails