Salam dari IbuMamah yg Punya Dapur Sulawesi 16

My photo
Soroako, Sulawesi Selatan, Indonesia
Salam kenal buat semua... Saya ibu dari 3 anak (2 putri & 1 putra). Ceritanya lagi nyoba2 bikin blog nih... Mudah2an kali ini berhasil. Oiya berhubung kami sekeluarga tinggal di Desa Soroako - Sulawesi Selatan, and jauh dari keramaian kota berserta Mall2 and aneka jajanan yg bervariatif. Jadi mau nggak mau saya sebagai ibu rumah tangga harus pintar2 bikin cemilan buat keluarga tercinta. Jadi yang tadinya samasekali tidak pernah kenal yang namanya oven or teman2 di dapur, jadi harus terbiasa deh. Alhamdulillah satu persatu jenis macam kue-kue, dari cake Ulang Tahun, kue basah (Tradisional), sampai kue yg lagi (masih) populer berhasil aku taklukkan (ciiieee...) Dan syukur alhamdulillah-nya lagi jadi bisa and sedikit PD untuk terima pesanan meski masih terima pesanan dalam jumlah yg sedikit. Namanya juga masih belajar and masih harus banyak belajar lagi... Silahkan bagi teman-teman yang berkenan untuk mengintip sebentar ke Dapur Sulawesi 16 (Dapurnya IbuMamah)

Saturday, August 14, 2010

Buttercake Mocha Putih Telur Kukus

oleh Maya Siswadi (bunda2f.multiply.com)
Posted by Rindu Suwando-Setiawan

Bahan:
5 btr putih telur
150 gr margarin/mentega - aku pake orchid butter unsalted
100 gr gula pasir
250 gr tepung terigu
1 sdm baking powder
150 cc susu cair
1 sdm pasta mocha - karena gak ada pasta mocha, aku diganti dgn ½ sdt kopi bubuk + ½ sdt cokelat bubuk yg dilarutkan dalam 1 sdm air; dapet dari http://www.resepnugraha.net/
50 gr keju parut utk taburan

Cara Membuat:
1. kocok margarin/mentega dan gula dg mixer sampai pucat
2. masukkan putih telur sedikit-sedikit, terus kocok sampai mengembang
3. campur terigu, baking powder, aduk sampai rata - biar aman, setelah dicampur aku ayak.
4. tuang terigu ke dalam kocokan mentega bergantian dg susu cair & pasta mocha.
5. tuang adonan ke dalam loyang yg sudah dioles mentega, taburkan keju parut di atasnya - kukus dalam 2 loyang brownies, mengingat karakter buttercake yg cenderung 'berat'...supaya gak kelamaan ngukusnya juga.
6. kukus adonan di dalam kukusan yg telah panas mendidih, jgn lupa tutupnya dialasi kain, sampai cake matang selama 45 menit.

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails